Coding4ever’s Blog

Just coding… coding… and coding… because coding should be fun :)

Paket NuGet Yang Wajib Dicoba Bagian #1 - CrashReporter.NET

| Comments

Apakah Anda percaya jika saya katakan aplikasi saya 100% bebas bug, tentu saja tidak. Seberapa keraspun kita mencoba pasti aplikasi yang kita buat ada bugnya.

Secara teknis kita tidak bisa melakukan pengetesan sebaik yang dilakukan oleh end-user. Mereka bisa melakukan hal-hal luar biasa diluar perkiraan dan skenario kita yang bisa menyebabkan error, dan bisa saja menyebabkan mereka menjadi ilfil menggunakan aplikasi kita he he :-D

Yang jelas, kita tidak dapat memperbaiki bug sampai kita tahu penyebabnya, sayangnya end-user biasanya kurang bisa menjelaskan masalah ini dengan baik.

CrashReporter.NET adalah salah satu library gratis yang bisa menjadi solusi untuk masalah ini dengan konfigurasi mudah dan bisa mengirimkan laporan bug via email.

Menambahkan Library CrashReporter.NET

Untuk menambahkan library CrashReporter.NET bisa kita lakukan via NuGet Package Manager. Adapun caranya seperti berikut :

Langkah – 1

Klik kanan node References -> Manage NuGet Packages...

Langkah – 2

Cari CrashReporter.NET dan klik tombol Install

Klik tombol Close, kemudian cek node References, seharusnya sudah ada tambahan library CrashReporter.NET

Cara Penggunaan Library CrashReporter.NET

Ada dua cara untuk menggunakan CrashReporter.NET

1. Global Exception

Jika kita ingin semua exception dihandle oleh CrashReporter.NET, gunakan opsi ini. Caranya adalah dengan menambahkan kode konfigurasi di Main Method (Entry point dari program yang akan dijalankan pertama kali).

2. Individual Exception

Untuk opsi yang kedua ini berarti kita menambahkan kode konfigurasi hanya pada method-method tertentu saja yang kita anggap berpotensi menimbulkan error.

Dua contoh kode di atas menggunakan class ReportCrashConfig yang kita bahas di bagian konfigurasi CrashReporter.NET.

Konfigurasi CrashReporter.NET

Untuk melakukan konfigurasi CrashReporter.NET, cukup membuat objek dari class ReportCrash dan mengeset beberapa nilai property seperti FromEmail, ToEmail, dan property penting lainnya.

Secara default CrashReporter.NET menggunakan service Doctor Dump, untuk mengirimkan email laporan bug ke email yang sudah kita tentukan melalui property ToEmail.

Jika kita ingin menggunakan email sendiri untuk mengirim laporan bug, berarti kita harus menyiapkan dua email misal dengan nama pengirim.bug@gmail.com dan penerima.bug@gmail.com yang masing-masing kita set untuk nilai property FromEmail, ToEmail dan kemudian mengeset nilai property AnalyzeWithDoctorDump = false. Dan jangan lupa set property UserName = FromEmail, untuk Password email menyesuaikan dengan FromEmail.

Agar kode konfigurasi di atas bisa digunakan berulang-ulang, mungkin bisa kita bungkus ke dalam sebuah class tersendiri.

Sehingga ketika diperlukan kita cukup memanggilnya dengan perintah new ReportCrashConfig(object exception)

Demo CrashReporter.NET

Untuk demo disini kita akan memanfaatkan dua jenis error yaitu DivideByZeroException dan FileNotFoundException.

DivideByZeroException

FileNotFoundException

Selamat MENCOBA :-)

crashreporter.net, nuget, visual c#

Tentang Penulis

Software developer yang fokus mengembangkan aplikasi di atas platform .NET (Desktop, ASP.NET MVC, Web Service) dan Android. Senang mempelajari teknologi baru terutama di bidang OOP, Design Pattern, ORM dan Database.
Saat ini bekerja sebagai staf IT di salah satu PTS di Yogyakarta sebagai senior software developer. Di waktu luang insya Alloh akan terus berbagi pengalaman di blog ini :)

« Comment as a Guest Membuat Jadwal Backup Database Otomatis »

Comments