Coding4ever’s Blog

Just coding… coding… and coding… because coding should be fun :)

Berkenalan Dengan Database Firebird

| Comments

Firebird merupakan RDMS open source yang dikembangkan dari Interbase 6 versi open source milik Borland. Firebird berjalan baik di Linux, Windows, maupun pada sejumlah platform Unix, selain itu kita juga dimudahkan untuk mengakses Firebird dengar tersedianya Firebird ODBC.

Firebird juga mempunyai fitur-fitur database server seperti : 1. Trigger 2. Store Procedure 3. View

Pada artikel kali ini saya akan membahas bagai mana membuat database di Firebird berikut tabelnya, ada 2 cara yang bisa kita gunakan : 1. Menggunakan utility isql (sama seperti utility mysql) 2. Menggunakan database manager (disini saya menggunakan IBExpert)

Saya hanya akan membahas cara yang kedua, untuk cara yang pertama mungkin lebih cocox untuk mahasiswa semester-semester awal yang baru belajar DDL, DML dan DCL. Terlalu banyak teori jadi sedikit membosankan untuk dibahas :D. Saya lebih senang untuk membahas yang praktis-praktis aja :D

Install IBExpert Personal dan tentunya jangan lupa database Firebirdnya juga diinstall.

Jalankan IBExpert jika ada konfirmasi pilih No, jika sudah berikut tampilan IDE IBExpert :

1. Membuat database Klik menu Database -> Create Database, setelah itu akan tampil dialog Create Database

Jika semua informasi sudah diisikan dengan benar kemudian klik Ok, setelah itu akan tampil dialog Database Registration

Sampai tahap ini kita tinggal menentukan versi Server dan Database Alias setelah itu klik tombol Register. Oke sampai disini kita sudah punya database kosong yang tampil di tab Database

2. Konek ke database Database yang sudah dibuat plus sudah didaftarkan di IBExpert tidak otomatis langsung bisa digunakan, langkah berikutnya yang harus kita lakukan adalah melakukan koneksi ke database. Caranya gampang tinggal klik ganda nama databasenya

3. Membuat tabel Untuk contoh kita akan membuat beberapa tabel sederhana sesuai dengan rancangan berikut:

Untuk membuat tabel klik kanan objek tabel -> new tabel, setelah itu akan tampil form untuk membuat struktur tabel.

Saya rasa gambar diatas sudah memberikan penjelasan bagaimana membuat tabel di IBExpert, jika sudah buat juga untuk tabel lainnya.

4. Membuat primary key Aktifkan kembali form pembuatan tabel dengan cara mengklik ganda nama tabel (misal tabel barang) kemudian pilih tab Constraints -> 1. Primary Key

5. Membuat foreign key Sama seperti langkah sebelumnya hanya diaktifkan pilihan tab Constraints -> 2. Foreign keys

Yuph sampai disini saya rasa sudah cukup dasar-dasar untuk membuat database dan tabel di Firebird dengan bantuan IBExpert, artikel berikutnya insya Allah bagaimana membuat trigger, store procedure dan view di Firebird tentunya masih menggunakan tool kesayangan kita IBExpert.

Selamat mencoba :)

firebird

Tentang Penulis

Software developer yang fokus mengembangkan aplikasi di atas platform .NET (Desktop, ASP.NET MVC, Web Service) dan Android. Senang mempelajari teknologi baru terutama di bidang OOP, Design Pattern, ORM, Database dan Continuous Integration & Deployment.
Saat ini bekerja sebagai staf IT di salah satu PTS di Yogyakarta sebagai senior software developer. Di waktu luang insya Alloh akan terus berbagi pengalaman di blog ini :)

« Membuat paket instalasi vb + firebird dengan inno setup Mudah dan cepat membentuk form sesuai keinginan »

Comments