Coding4ever’s Blog

Just coding… coding… and coding… because coding should be fun :)

Entity Framework Part 6

| Comments

Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas bagaimana Entity Framework menangani sebuah tabel tunggal. Pada kenyataannya hampir semua aplikasi database menggunakan lebih dari satu tabel dan tentunya diantara tabel ini juga mempunyai hubungan (relasi).

Di postingan kali ini kita akan membahas bagaimana Entity Framework menangani dua buah tabel yang saling berhubungan yaitu Beli dan ItemBeli.

Entity Framework Part 5

| Comments

Setelah selesai melakukan mapping, baik secara manual atau menggunakan tool seperti ADO.NET Entity Data Model Designer dan Entity Framework Power Tools, kita bisa langsung mencoba method-method dasar aplikasi database yang dikenal dengan istilah method CRUD seperti Save, Update, Delete dan Get.

Ingat tujuan kita menggunakan ORM seperti Entity Framework dalam pengembangan aplikasi database adalah agar kita tidak  lagi berhubungan secara langsung dengan database berikut objek-objeknya seperti tabel, view dan objek database lainnya, sehingga bisa lebih fokus ke aturan bisnis dari aplikasi yang sedang dikembangkan.

Entity Framework Part 3

| Comments

Pada postingan sebelumnya kita sudah berhasil melakukan mapping (pemetaan) secara manual antara tabel yang ada di dalam database dengan class entity yang sudah kita definisikan di dalam project.

Mapping secara manual oke lah kalo hanya untuk satu atau dua tabel, tapi kalo tabel sudah banyak 10, 20, 30 …, :cry: tentu merupakan pekerjaan yang mengerikan dan menyedihkan kalo masih dikerjakan secara manual :D

Entity Framework Part 2

| Comments

Melanjutkan postingan sebelumnya, saya sudah mendemokan begitu mudahnya mengakses data di dalam sebuah database menggunakan Entity Framework.

Entity Framework bertugas mengambil alih semua pekerjaan yang biasa kita lakukan dalam pembuatan aplikasi database, seperti mengambil data (SELECT), menambah data (INSERT), mengupdate data (UPDATE) dan menghapus data (DELETE).

Sehingga dengan menggunakan Entity Framework kita sudah tidak lagi berhubungan secara langsung dengan perintah SQL, dan sebagai gantinya kita menggunakan LINQ.

Entity Framework Part 1

| Comments

Intro ORM

Sebelum kita membahas apa itu Entity Framework, kita akan singgung sedikit mengenai ORM (Object Relational Mapping).

ORM  adalah  framework  yang  memetakan  tabel  pada  database  relasional ke objek  dengan menggunakan  informasi  pada metadata.  Metadata  dapat  berupa  file  XML  atau custom atribute pada  entity class.

Saat ini sudah banyak pilihan ORM yang dapat meningkatkan  produktivitas kita sebagai seorang developer. Ketika kita membangun sebuah aplikasi database  dengan menggunakan OOP,  maka harus  dibuatkan  sebuah  persisten  objek  yang memodelkan objek dari database seperti tabel,  view , relationship dan objek database lainnya.

Membuat Paket NuGet

| Comments

Sedikit lagi tentang NuGet, pada postingan sebelumnya kita sudah berhasil menginstall server NuGet lokal baik untuk keperluan pribadi atau internal kantor.

Ada beberapa alasan kenapa kita sebaiknya mempunyai server NuGet sendiri, dua diantaranya :

  1. Untuk menghemat bandwidth internet

  2. Sebagai media sharing library

NuGet

| Comments

NuGet adalah …

NuGet is the package manager for the Microsoft development platform including .NET. The NuGet client tools provide the ability to produce and consume packages. The NuGet Gallery is the central package repository used by all package authors and consumers.

Jadi dengan memanfaatkan NuGet package manager, kita bisa dengan mudah menginstall library-library tambahan dari pihak ketiga (3rd party libraries), seperti Dapper .NET, Entity Framework, Json .NET, Firebird ADO.NET Data provider dan lainnya.