Coding4ever’s Blog

Just coding… coding… and coding… because coding should be fun :)

Performance Test Menggunakan JMeter

| Comments

Aktivitas saya di kantor akhir-akhir ini, lebih sering ngoding untuk backend/web service. Nah untuk membuat service ini, saya biasanya menggunakan teknologi WCF, hanya saja untuk kekinian :-D saya juga menggunakan ASP.NET Web Api.

Untuk tahapan testing wajib yang saya lakukan adalah minimal unit test. Unit test yang dilakukan biasanya di level DAL (Data Access Layer) dan Controller.

The Power of Visual Studio .NET Build Events Part #3

| Comments

Masih melanjutkan pembahasan tentang build events yang merupakan salah satu fitur menarik dari Visual Studio .NET dan berguna untuk meningkatkan produktivitas kita sebagai software developer.

Di postingan sebelumnya kita memanfaatkan fitur ini untuk membuat paket installer secara otomatis setelah proses build project selesai, jadi workflownya sangat cocok digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop. Sedangkan postingan kali ini, studi kasusnya adalah pengembangan aplikasi web service.

The Power of Visual Studio .NET Build Events Part #2

| Comments

Melanjutkan pembahasan postingan sebelumnya yaitu tentang fitur Build Events yang dimiliki oleh Visual Studio .NET.

Di postingan bagian #1 kita memanfaatkan fitur ini untuk melakukan proses copy file (exe, dll, config) secara otomatis setelah proses build project selesai.

Nah di postingan kali ini kita akan menambahkan perintah untuk mengcompile skrip Inno Setup sehingga proses pembuatan paket installer pun jadi otomatis.

The Power of Visual Studio .NET Build Events Part #1

| Comments

Build Events merupakan salah fitur menarik yang dimiliki oleh Visual Studio.NET, dengan fitur ini akan membuat hidup kita sebagai software developer semakin mudah :D

Saya sendiri menggunakan fitur ini untuk melakukan proses copy file (exe, dll, config) secara otomatis setelah proses build project, tetapi bukan itu saja dengan fitur ini kita juga bisa menjalankan perintah tertentu seperti batch command atau perintah lainnya sesuai kebutuhan seperti mengupload library hasil build web service ke server IIS atau mengeksekusi skrip installer seperti Inno Setup dan NSIS.

Cara Mudah Mengelola Versi Aplikasi

| Comments

Oke jadi ceritanya seperti ini, saya punya kebiasaan dan saya enggak tau apakah ini kebiasaan baik atau buruk :D

Untuk menerapkan konsep separation of concerns dalam pengembangan aplikasi, saya biasanya memisahkan modul-modul aplikasi menjadi beberapa project (satu solution dengan banyak project/assemblies). Contoh :

Tutorial WCF Service Bagian #3

| Comments

Web service itu seperti parasit, tidak bisa hidup mandiri sehingga membutuhkan sebuah wadah (host) untuk kelangsungan hidupnya. Begitu juga dengan web service yang dibuat menggunakan WCF tetap membutuhkan sebuah wadah (host).

Tutorial WCF Service Bagian #1

| Comments

Apa itu WCF

WCF singkatan dari Windows Communication Foundation, merupakan salah satu teknologi Microsoft untuk membangun aplikasi berbasis layanan (service-oriented applications). Dengan kata lain WCF itu merupakan salah satu alternatif untuk membangun web service dan sistem terdistribusi lainnya menggunakan teknologi Microsoft .NET.

Dalam tutorial ini kita akan lebih banyak membahas hal-hal teknis untuk membuat web service menggunakan WCF. Untuk referensi lebih lanjut mengenai WCF bisa langsung Anda cari menggunakan layanan search engine favorit Anda :-)

Membuat Jadwal Backup Database Otomatis

| Comments

Backup database merupakan salah satu hal penting, apalagi jika kita bekerja sebagai database administrator.

Semakin banyaknya data-data yang tersimpan seperti data keuangan, akademik dan data penting lainnya mengharuskan kita untuk meluangkan waktu khusus untuk melakukan backup database.

Backup secara manual tentu saja tidak disarankan, apalagi jika datanya sudah banyak, tentu saja sedikit banyaknya akan menyita waktu kita untuk melakukan hal penting lainnya.