Coding4ever’s Blog

Just coding… coding… and coding… because coding should be fun :)

Mengoptimalkan Penggunaan Fungsi Shell

| Comments

Salah satu fungsi built-in vb yang mempunyai mempunyai fungsi serba guna yaitu fungsi Shell. Fungsi ini bisa digunakan untuk :

1. Menjalankan file-file Excutible (.exe, .com, .bat de el el)

Contoh menjalankan notepad:

1
2
Dim ret As Double
ret = Shell("notepad.exe", vbNormalFocus)

Membuat Animasi Sederhana Menggunakan Objek Timer

| Comments

Objek timer selain digunakan untuk menampilkan tanggal dan jam secara realtime, juga bisa digunakan untuk membuat animasi sederhana salah satunya dengan memanfaatkan objek label. Silahkan buat rancangan form seperti berikut :

copy paste kode berikut :

Berkenalan Dengan Database Firebird

| Comments

Firebird merupakan RDMS open source yang dikembangkan dari Interbase 6 versi open source milik Borland. Firebird berjalan baik di Linux, Windows, maupun pada sejumlah platform Unix, selain itu kita juga dimudahkan untuk mengakses Firebird dengar tersedianya Firebird ODBC.

Firebird juga mempunyai fitur-fitur database server seperti : 1. Trigger 2. Store Procedure 3. View

Pada artikel kali ini saya akan membahas bagai mana membuat database di Firebird berikut tabelnya, ada 2 cara yang bisa kita gunakan : 1. Menggunakan utility isql (sama seperti utility mysql) 2. Menggunakan database manager (disini saya menggunakan IBExpert)

Banyak Cara Menon-aktifkan CTRL+ALT+DEL Di Win 2K/XP, Mana Yg Anda Pilih ?

| Comments

Saya atau mungkin Anda juga heran kenapa untuk menon-aktifkan tombol CTRL+ALT+DEL di Win 2K/XP sedikit merepotkan, padahal kalo di keluarga windows 9x  kan perintahnya sangat sederhana cukup seperti ini :

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Private Declare Function SystemParametersInfo Lib "user32" Alias "SystemParametersInfoA" (ByVal uAction As Long, ByVal uParam As Long, ByVal lpvParam As Any, ByVal fuWinIni As Long) As Long
Private Const SPI_SETSCREENSAVERRUNNING = 97

Dim ret As Long

Private Sub Form_Load()
    ret = SystemParametersInfo(SPI_SETSCREENSAVERRUNNING, 1, 0&, 0&) 'menonaktifkan CTRL + ALT + DEL
End Sub

Private Sub Form_Unload(Cancel As Integer)
    ret = SystemParametersInfo(SPI_SETSCREENSAVERRUNNING, 0, 0&, 0&) 'mengaktifkan kembali CTRL + ALT + DEL
End Sub

Gimana ? Simple kan? :)

Sekilas Windows API

| Comments

Windows API (Application Programming Interface) merupakan sekumpulan fungsi eksternal yang terdapat dalam file-file librarynya windows atau program lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan program kita.

Kenapa menggunakan Windows API ? Ya alasan paling sederhananya sih untuk mengatasi keterbatasan fungsi-fungsi internal (built-in) visual basic. Bayangkan kita diminta BOZZZ untuk membuat sebuah aplikasi yang mempunyai kemampuan sebagai berikut :

How Can I Detect Whether My Program Is Already Running?

| Comments

Wah judulnya pake bahasa wong londo :D, ya kira-kira kalo kita artikan lebih kurang “Bagaimana cara mengecek program saya sudah jalan atau belum ?”.

Kan sangat riskan sekali kalau program kita bisa dijalankan beberapa kali dalam waktu bersamaan dan dikomputer yang sama ditambah data yang diakses kritis lagi, karena secara default program/file exe yang dihasilkan oleh vb kalau dijalankan selalu membuat instance yang baru, dan tentunya ini tergantung kasus dimana kita ingin program kita tidak boleh dijalankan lebih dari 1 kali diwaktu dan komputer yang sama.

Menganalisa Dan Membuat Mesin Penjawab Otomatis Y!M

| Comments

Sebelum kita melanjutkan pembahasan ada beberapa istilah yang harus kita ketahui yaitu Parent Window (Window Induk), Child Window (Window Anak) dan bagaimana cara mendapatkan nilai Handle Window (hWnd) atau dengan istilah yang lebih sederhana Process ID.

Setiap aplikasi yang berjalan di Windows umumnya memiliki jendela atau form. Jika ada beberapa jendela/form aplikasi berbeda yang terbuka, maka sistem akan memberikan semacam identitas bagi setiap jendela yang terbuka tersebut, di mana masing-masing jendela/form memiliki identitas atau alamat yang berbeda satu sama lain.