Coding4ever’s Blog

Just coding… coding… and coding… because coding should be fun :)

Cara Mudah Dan Gampang Membuat Aplikasi Service Dengan VB6

| Comments

Membuat service dengan vb6 memang sangat tidak dianjutkan, makanya jangan heran setelah kita mendownload beberapa source code yang mengklaim bisa membuat service di vb6 dan mencobanya yang ada hanya error pada saat dijalankan atau berhasil sampai mendaftarkan ke service tetapi gagal pada saat ingin running/start.

Tetapi jangan kuatir setelah Anda membaca artikel ini, Anda akan dengan mudah membuat service di windows.

Mengakses Tabel via Kelas

| Comments

Artikel kita kali ini khusus bagi Anda yang sudah terbiasa membuat aplikasi database menggunakan Visual Basic 6 tetapi untuk mengeksekusi perintah-perintah DML (Insert, Update, Delete dan Select) masih di lakukan di Form/Modul.

Dan diartikel ini juga kita akan sedikit mencoba memasuki daerah suram bagi kebanyakan programmer prosedural seperti Saya dan Anda :D yang biasa disebut OOP.

Kenapa menggunakan kelas dan teori-teori seputar kelas bisa anda baca referensi-referensi yang berhubungan dengan OOP di Visual Basic 6, walaupun Visual Basic 6 sendiri belum bisa dikatakan bahasa pemrograman yang full OOP. Setidaknya itu yang saya baca dari referensi-referensi yang ada, kalo salah mohon dikoreksi :).

Menonaktifkan Tombol Minimize, Maximize Dan Close MDI Form

| Comments

Pada postingan saya yang sebelumnya kita sudah mengetahui bagaimana cara menonaktifkan tombol Minimize, Maximize dan Close pada SDI Form.

Sesuai judul postingan kali ini yang akan kita nonaktifkan adalah tombol Minimize, Maximize dan Close pada MDI Form. Jika pada SDI Form untuk menonaktifkan tombol Minimize dan Maximize masih bisa dilakukan secara manual (via properties) untuk MDI Form tidak bisa, semuanya full coding.

Membuat Aktivasi Dongle Bagian Akhir – 1 Dongle Untuk Semua

| Comments

Oke akhirnya kita sudah memutuskan untuk membuat proteksi software dengan menggunakan dongle, tetapi kita masih punya 1 masalah lagi yang harus kita selesaikan yaitu kemudahan dalam mengimplementasikan jenis aktivasi ini.

Rencananya software yang kita buat akan diinstall dibeberapa komputer misal 1 server dengan 10 klien, yang jadi pertanyaan dimanakah donglenya akan dipasang ? Di komputer server ? Komputer klien ? Ganti-gantian ? Atau semua komputer akan dipasang dongle :lol:

Membuat Aktivasi Dongle Bagian 1 - Simple Think

| Comments

Apa yang ada dipikiran Anda ketika diminta untuk membuat aktivasi menggunakan dongle ? Wahhh susah, wahhh dongle alat apaan tuh, wahhh perlu pesan khusus ke pabrik G, wahhhh harus riset lagi nih, dan wahhhh2x lainnya.

Tapi sebenarnya kalo kita cermati lagi aktivasi dengan dongle lebih sederhana bila dibandingkan dengan aktivasi klasik seperti memasukkan serial number, yaaa minimal menghemat 1 form :D dan selain itu kelihatan juga lebih wahhhh :cool:.

Belajar Winsock Bagian Akhir – Contoh Kasus Mengakses Data Stok Barang Dari Luar

| Comments

Akhirnya rilis juga artikel terakhir dari 5 seri belajar winsock ini, sebelum kita melanjutkan pembahasan ada baiknya kita melakukan sedikit review :

  1. Dasar-dasar penggunaan winsock sudah kita pelajari

  2. Ini terbukti dengan suksesnya kita membuat aplikasi chat sederhana

  3. Di tambah lagi ada teman kita yang mau nebeng sehingga terciptanya aplikasi chat multiple connection

  4. Jalan tol antara laptop mas Paijo dan komputer server tokonya juga udah selesai dibangun dengan anggaran 0 Rp :D

Belajar Winsock Bagian 4 – Membuat Jaringan VPN Sendiri

| Comments

Pada artikel kali ini kita stop dulu untuk mengetikan baris-baris kode yang indah itu :D dan kita akan mencoba untuk membuat jaringan VPN sendiri yang tentunya dengan investasi yang murah meriah :D dan nyaris dengan biaya 0 rupiah. G percaya ? Oke kita ikuti saja pembahasan berikut.

Misalkan kita punya klien sebutnya saja namanya mas Paijo yang sudah menggunakan program retail kita selama beberapa tahun. Mas Paijo ini sering berbelanja untuk keperluan tokonya ke luar kota dan masalah yang dihadapinya adalah kesulitan untuk mengecek jumlah stok barang di toko (selama ini untuk menanyakan jumlah stok masih telp2xan :D), dan baru-baru ini mas Paijo menghubungi kita untuk minta dibuatkan program kecil yang hanya sekedar untuk mengecek stok barang.

Belajar Winsock Bagian 3 – Multiple Connection

| Comments

Di postingan saya sebelumnya kita sudah mengetahui bagai mana cara membuat aplikasi chat sederhana yang hanya melibatkan saya dan Anda :D, dan bagai mana jika ada teman saya yang lain ikut nimbrung ?

Jelas ini tidak bisa karena 1 winsock hanya bisa menangani 1 port, trus bagaimana jika kita ingin teman kita yang lain bisa konek di port yang sama dan hanya menggunakan 1 winsock? Jawabannya sederhana objek winsocknya kita jadikan array.

Belajar Winsock Bagian 2 - Membuat Aplikasi Chat Sederhana 1:1

| Comments

Setelah memahami properties-properties dasar yang harus disetting untuk membuat aplikasi sederhana menggunakan winsock, pada artikel ke 2 dari 5 seri belajar winsock ini kita akan membuat aplikasi chat sederhana dengan pola 1:1 atau dengan istilah lainnya single connection.

Membuat aplikasi chatting seperti MSN Messenger atau Yahoo Messenger sebenarnya mudah (tapi tidak termasuk saya ya :D) dan kita sudah mempelajari bagaimana membuat koneksi sederhana menggunakan winsock, selanjutnya kita tinggal mengirimkan data menggunakan method .SendData dan menghandle data yang diterima melalui event Winsock_DataArrival.

Belajar Winsock Bagian 1 - Intro

| Comments

1. Sekilas tentang Winsock

Kita telah mengetahui bahwa komputer membutuhkan sistem operasi agar bisa bekerja. Sistem operasi itu sendiri adalah software. Untuk mengetik, cetak, gambar, semua tugas komputasi membutuhkan software, termasuk juga berkomunikasi dengan komputer lain.

Windows memiliki API (Application Programming Interface) untuk berkomunikasi melalui TCP/IP yang terkenal dengan nama Winsock API. Namun penggunaan API itu sendiri sudah cukup sulit. Microsoft mengerti kebutuhkan para programer dan membuat komponen ActiveX control yang bernama Winsock Control.