Coding4ever’s Blog

Just coding… coding… and coding… because coding should be fun :)

Contoh Pemanggilan Store Procedure Dan View Firebird Dari Aplikasi

| Comments

Ini merupakan artikel puncax :D dari pengenalan firebird yang dilanjutkan dengan pembuatan store procedure (SP), trigger dan view dan kini saat kita membahas penggunaan SP dan view.

Untuk mengakses firebird dari aplikasi kita membutuhkan Firebird ODBC yang bisa didownload disini

1. Store Procedure

Disini kita akan mengakses SP proc_add_supplier yang mempunyai tiga parameter yaitu : nama, alamat dan telepon

Membuat Store Procedure, Trigger Dan View Di Firebird

| Comments

Menyambung artikel sebelumnya kali ini kita akan membuat store procedure, trigger dan view di Firebird dengan bantuan tool IBExpert.

Secara ringkas definisi store procedure, trigger dan view sebagai berikut : 1. Store procedure = Sekumpulan perintah yang mempunyai nama dan disimpan sebagai objek dari database yang nantinya bisa kita panggil dari aplikasi

Menampilkan Daftar Driver Yang Terinstall

| Comments

Salah satu cara termudah untuk menampilkan driver yang terinstall adalah dengan menggunakan command line driverquery.

Untuk mencoba perintah ini kita terlebih dahulu masuk ke command prompt,  kemudian ketik driverquery :

Hasil outputnya adalah seperti berikut :

Tips Agar Bisa Scroll Mouse Di Editor Code Vb6

| Comments

Ini mungkin tips lama tapi saya sendiri juga baru tau he he he :), maklum soalnya udah ngerasa cukup dengan editor codenya vb6 walaupun kadang-kadang cukup mengganjal dihati klo lagi coding di java menggunakan eclipse/netbeans.

Benar-benar perbedaan editor code yang terlalu mencolox :D salah satunya kekurangannya adalah di editor code vb 6 enggak bisa scroll mouse, tapi dengan tips berikut kekurangan ini bisa kita tutupi.

Oke berikut langkah-langkahnya :

Mengakses Windows Registry Komputer Lain

| Comments

Artikel kali ini terilhami dari salah satu postingan yang ada di forum vb bego, waktu itu Penanya memposting beberapa baris kode untuk mengakses mengakses windows registry komputer lain dan ternyata gagal saat dijalankan.

Adapun fungsi API yang digunakan adalah RegConnectRegistry.

Berhubung hal ini juga baru bagi saya, akhirnya saya pun memulai pencarian dan tentunya ditemanin mbah Goeoegle dan Alhamdulillah mendapatkan pencerahan :).

Memanfaatkan File Resource Untuk Menyimpan Text, Icon, Gambar Dan Wav

| Comments

Whats is Resource File ?

A Resource File is a repository where you can store images, sounds, videos, data, or whatever you like.  You can stored any file type in a resource file.  It’s like your project’s suitcase… stuff can be put there and kept there, and retrieved easily when needed (NOTE: Resource files are Read-Only).

When you compile your project, the resource file is compiled right into the .EXE, .DLL, .OCX, etc.

Sesuai dengan definisi dan fungsi file resource diatas, kita akan mencoba membuat project dengan menambahkan file resouce.

  1. Buat project baru dan jangan lupa langsung disimpan

Menambahkan Icon Pada Menu Standar VB

| Comments

Bagi Anda yang baru belajar VB dan masih menggunakan Menu Editor untuk membuat menu tentu merasa kesulitan untuk menambahkan icon di menu tersebut, karena memang G ada fasilitasnya :D.

Tapi jangan kuatir setelah meluangkan waktu beberapa menit untuk membaca artikel ini maka Anda akan dengan mudah menambahkan icon pada menu standar VB.

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buat menu seperti biasanya menggunakan Menu Editor

Manganalisa Source Code Mesin Penjawab Otomatis Y!M Versi 8, 9 & 10

| Comments

Kalo pada artikel sebelumnya kita sudah mengetahui bagaimana cara menganalisa bagian-bagian penting program Y!M untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan guna membuat program mesin penjawab otomatis Y!M ini maka pada artikel kali ini kita akan membahas full semua source code penting untuk membuat aplikasi ini.

Sebenarnya saya sudah lama ingin mengupload source code ini tapi berhubung waktu itu baru support untuk Y!M 8 saya jadi males nguploadnya, tapi setelah melakukan sedikit penyesuaian untuk mendukung Y!M 9 dan 10 akhirnya saya bisa dengan tenang mengupload source code ini :D.

Seperti pada artikel sebelumnya untuk melanjutkan pembahasan ini kita harus mengetahui urutan windows parent->anak baik untuk membaca pesan yang masuk atau membalasnya.