Coding4ever’s Blog

Just coding… coding… and coding… because coding should be fun :)

Membuat Rumus Penilaian Dinamis

| Comments

Setahun yang lalu, sewaktu saya masih aktif mengembangkan aplikasi sekolah di beberapa kabupaten di Riau, masalah yang sering saya hadapi adalah tidak adanya standarisasi rumus dalam menentukan nilai akhir siswa (rapor akhir), tetapi untung saja variabel nilainya masih sama (rata2 tugas, rata2 ulangan, uts dan uas).

Pada awalnya saya hanya menyediakan input prosentasi untuk masing-masing nilai tersebut, dan tentu saja cara ini tidak memberikan solusi yang terbaik mengingat masing-masing guru terkadang mempunyai rumus penilaian yang berbeda.

Jadi alternatif solusi lain yang saya tawarkan adalah dengan memberikan keleluasaan untuk menginputkan sendiri rumus dan untuk melakukan ini kita harus mendefinisikan konstanta untuk mewakili nilai-nilai diatas sebagai berikut :

Membuat Form Input Hari Libur

| Comments

Salah satu fitur menarik yang dimiliki aplikasi Smart Library School yaitu form untuk input hari libur, dengan adanya fitur ini memudahkan operator untuk mencatat data hari libur.

Nah pada postingan kali ini saya akan share source code untuk membuat form tersebut, adapun komponen yang digunakan cukup :

  1. MSFlexGrid untuk menampilkan tanggal

  2. CommandButton untuk navigasi/perpindahan bulan

  3. TextBox untuk untuk menampilkan bulan aktif

  4. ListBox untuk menampilkan keterangan hari libur

Update SMS Tausiyah Manager

| Comments

Terima kasih saya ucapkan kepada mas Haerul atas respon penggunaan SMS Tausiyah Manager dimana pada saat mencoba program ini sms yang masuk gagal dibaca oleh aplikasi service sms tausiyah.

Berhubung saya belum pernah mencoba menggunakan hp nokia 3110c (selama ini saya selalu menggunakan hp siemens c55), saya hanya memperkirakan hp nokia 3110c belum mendukung fitur pembacaan sms dengan mode “Any of the storages” atau kalo dalam istilah AT COMMANDnya disebut “MT”

Rutin Patch Database

| Comments

Kesibukan “coding demi sesuap nasi” he he he :D, sempat membuat blog ini enggak keurus.

Untungnya ada beberapa pengunjung yang berbaik hati untuk meninggalkan komennya sehingga saya pun jadi rutin untuk mengecek blog ini.

Melakukan perubahan struktur database merupakan pekerjaan sampingan yang mau tidak mau harus kita terima dengan ikhlas jika membuat aplikasi terutama aplikasi masal, karena biasanya aplikasi tipe ini sering sekali terjadi perubahan untuk memenuhi kebutuhan klien.

Tips Mengecek Komponen Yg Di Gunakan Dalam Pembuatan Aplikasi

| Comments

Mencontoh lagi-lagi merupakan sesuatu yang menyenangkan dan kadang-kadang bisa memberikan kita motivasi lebih :D.

Kita ambil contoh misalkan Anda sudah mendownload salah satu aplikasi gratis di blog ini kemudian mencoba mengklik menu Master -> Buku dan Anda pun langsung terpana (he he he :-D) melihat tampilan berikut :

di form tersebut Anda penasaran komponen apa yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk tabel, mau langsung bertanya ke admin blog ini kayaxnya males banget :smile:

SMS Tausiyah Manager

| Comments

Intro

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1431 H saya merilis aplikasi sms gateway gratis dengan nama “SMS Tausiyah Manager”, aplikasi ini saya buat menggunakan Visual Basic 6 dan untuk databasenya menggunakan SQLite plus proses instalasi yang sangat mudah sehingga siapa pun bisa dengan gampang mendistribusikan dan menggunakan aplikasi ini :D

Jadi jika Anda mempunyai kenalan/relasi yang mempunyai agenda/kegiatan Islami selama bulan suci Ramadhan, mungkin agenda tambahan berupa layanan SMS Tausiyah gratis ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Aplikasi ini saya bagi menjadi dua :

  1. SMS Service, bagian yang bertugas untuk menangani sms masuk dan keluar

  2. SMS Manager bagian pengolahan data (member, kontak, inbox, outbox dan lain-lain)

Keyword

  1. reg#nama, sesuai namanya keyword ini untuk berlangganan layanan sms tausiyah

  2. unreg, untuk berhenti berlangganan layanan sms tausiyah

  3. saran#isi saran

Membuat Sms Gateway Itu Gampang, Jangan Dipersulit !!!

| Comments

Berhubung banyaknya pengunjung yang nyasar ke blog ini, gara-gara keyword “sms gateway” saya jadi merasa bersalah klo enggax ikut-ikutan membahas artikel yang satu ini he he he :D.

Walaupun sudah banyak blog yang membahas tentang masalah ini, tapi kayaxnya tema “sms gateway” masih hangat dan saru eh… seru untuk dibahas :D, dan tentunya dengan adanya artikel ini saya berharap lebih banyak lagi yang tersesat ke blog ini :D.

Oke jadi kasusnya apa nih, kita ambil aja sample sederhana yaitu “pembuatan sms gateway untuk request nilai siswa” dan untuk menyederhanakan pembahasan keywordnya kita batasi saja yaitu request nilai tugas dan ulangan.

Apa yang harus di persiapkan, pertama kita rancang dulu databasenya dan berhubung artikel saya yang membahas tentang database SQLite masih hangat jadi untuk databasenya kita menggunakan SQLite saja.

Mengakses Database SQLite Menggunakan Library dhSQLite

| Comments

Ada yang kurang di artikel sebelumnya, yaitu saya belum membahas bagaimana mengakses database SQLite dalam pembuatan aplikasi database.

Secara umum aksi yang sering dilakukan dalam pembuatan aplikasi database hanya seputar pernyataan DML (Insert, Update, Delete dan Select), jadi untuk menyederhanakan pembahasan saya pun membatasi artikel kali ini hanya seputar permasalahan tersebut.

Sebenarnya cukup dengan library ADO pun kita sudah bisa mengakses database SQLite, tetapi pada artikel kali ini saya menggunakan library dhSQLite.

Untuk mengakses database SQLite menggunakan dhSQLite kita cukup menggunakan 3 kelas yaitu :

  1. cConnection, sesuai namanya kelas ini digunakan untuk membuat koneksi ke database

  2. cRecordset, digunakan untuk menampung pernyataan select

  3. cCommand, digunakan untuk mengeksekusi pernyataan insert, update dan delete

Membuat Y!M Translator Sendiri

| Comments

Artikel kali ini merupakan pengembangan dari 2 artikel saya sebelumnya yaitu Menganalisa dan membuat mesin penjawab otomatis Y!M dan Manganalisa source code mesin penjawab otomatis Y!M versi 8, 9 & 10.

Sebenarnya sih iseng-iseng aja dan ternyata berhasil ha ha ha :). Oke kita langsung saja, apa saja yg perlu disiapkan untuk membuat aplikasi ini :

1. Skrip php yang menyederhanakan proses parsing dari output Google Translate.

Alamat URLnya bisa diakses di http://amikom.ac.id/service.php?t=pesan_yg_ingin_diterjemankan&l=target terjemahan.

Contoh penggunaan URL tersebut :

http://amikom.ac.id/service.php?t=rubah cokelat yang cepat melompat diatas anjing pemalas&l=en