Coding4ever’s Blog

Just coding… coding… and coding… because coding should be fun :)

SELECT SCOPE_IDENTITY(), SELECT LAST_INSERT_ID() Dan RETURNING PK

| Comments

Yuph kali ini kita akan membahas fungsi menarik (SELECT SCOPE_IDENTITY(), SELECT LAST_INSERT_ID() dan RETURNING PK) yang dimiliki oleh database2x terkenal seperti SQL Server, MySQL dan Firebird.

Dari nama fungsinya kita bisa menebak kegunaan dari fungsi diatas yaitu untuk mendapatkan nilai ID terakhir (biasanya bertipe angka) yang diinputkan.

Saya dan mungkin Anda biasanya dalam merancang tabel untuk selalu menambahkan field ID dengan attribut IDENTITY/AUTONUMBER dan sekaligus dijadikan sebagai PRIMARY KEY.

Tentunya hal ini kita lakukan untuk mempermudah dalam proses manipulasi data (edit dan delete).

Contoh beberapa tabel yang biasanya menggunakan field ID untuk PRIMARY KEY dan sekaligus diset dengan attribut IDENTITY/AUTONUMBER

Membaca File Excel Dan Menampilkan Datanya

| Comments

Ceritanya kali ini kita akan membuka file excel dan menampilkan datanya, dimana pengembangan artikel ini bisa digunakan untuk membuat program impor atau konversi data sederhana, yang mana hal ini sering kita lakukan pada saat implementasi sistem.

Karena biasanya permintaan dari klien data-data manual mereka yang biasa menggunakan format excel dikonversi ke sistem baru yang kita buat.

Nah untuk memudahkan pembacaan file excel, biasanya formatnya kita buat sesederhana mungkin. Contoh :

Memadukan Komponen MenuStrip Dan ExplorerBar Control for .NET

| Comments

2 komponen ini merupakan komponen favorit saya untuk kelengkapan setiap aplikasi yang saya buat, dimana komponen MenuStrip digunakan untuk menampilkan menu bergaya klasik.

dan komponen ExplorerBar Control for .NET menampilkan menu dengan ciri khas  menu yg ada di Windows Explorernya XP

jadi dengan asumsi bahwa Anda sudah pernah membuat menu dengan MenuStrip dan ExplorerBar Control for .NET, maka fokus kita kali ini adalah pada poin-poin berikut :

Cara Mudah Memvalidasi Input Textbox

| Comments

Beberapa waktu lalu saya sudah pernah memposting beberapa kode untuk validasi input seperti validasi angka dan validasi huruf  dan kali ini kita akan bahas cara mudah untuk memvalidasi isian TextBox yang wajib diisini, tentunya fungsi disini baru terasa manfaatnya klo objek TextBox yang divalidasi lumayan banyak.

Oke kita lihat dulu gambar berikut :

Pada gambar diatas terlihat inputan yang berwarna merah yang akan kita validasi, klo dirinci lagi nama objeknya seperti berikut :

  1. Nomor Mahasiswa (txtNoMhs)

  2. Nama (txtNama)

  3. Alamat (txtAlamat)

  4. Ayah (txtAyah)

Menembus Pertahanan Database Firebird Yang Diproteksi

| Comments

Sebelumnya saya mohon maaf jika ada pihak yang tidak berkenan atau merasa dirugikan dengan postingan kali ini, dan jika memang ada silahkan menghubungi Admin dan postingan ini akan dihapus.

Salah seorang pengunjung bertanya “bagaimana cara mengekspor data-data yang ada di database Zahir Accounting ke Ms Excel”.

Untuk bisa mengekspornya tentu saja kita harus tau dulu isi databasenya seperti apa terutama tabelnya, nah untuk demo Zahir Accounting sendiri bisa di download disini.

Seri Kajian Motivasi (Yogyakarta)

| Comments

Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji.

Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.

(Al Baqarah : 261)

ExplorerBar Control for .NET

| Comments

Ketika memutuskan untuk beralih ke VB .NET salah satu komponen yang saya buru adalah ExplorerBar dan kabar baiknya vbaccelerator juga sudah menyediakan komponen ini, tapi kabar buruknya sample source codenya menggunakan C# .NET :(.

Tapi tenang aja, dulu saya juga pernah iseng2x belajar bahasa ini, jadi proses konversi dari C# .NET ke VB .NET pun berjalan lancar :).

Oke, klo sudah enggak sabaran langsung aja download librarynya disini dan untuk sample aslinya (bahasa C# .NET) bisa didownload disini.

Sama seperti postingan saya sebelumnya, untuk menambahkan Bar Menu (menu induk) dan Item Menu (menu anak) saya pisah menjadi 2 fungsi yaitu :

Property Builder

| Comments

Apapun bahasanya klo lagi ngoding di dot NET, biasanya enggak bakalan jauh-jauh dari aktivitas pembuatan kelas.

Kita ambil contoh pembuatan kelas sederhana yang hanya mempunyai 2 property (id dan keterangan), hasil kodenya (Visual Basic .NET) akan terlihat seperti berikut :

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
Public Class Pekerjaan

    Private mPekerjaanID As Short ' deklarasi instance variable
    Public Property PekerjaanID() As Short
        Get
            Return mPekerjaanID ' mengembalikan id pekerjaan
        End Get

        Set(ByVal value As Short)
            mPekerjaanID = value ' mengeset id pekerjaan
        End Set
    End Property

    Private mKeterangan As String ' deklarasi instace variabel
    Public Property Keterangan() As String
        Get
            Return mKeterangan ' mengembalikan nama pekerjaan
        End Get

        Set(ByVal value As String)
            mKeterangan = value ' mengeset nilai pekerjaan
        End Set
    End Property

End Class